Tips Menulis Essay untuk Beasiswa


Sun, 2017-04-02 - 01:43:41 WIB

JAKARTA – Essay menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi jika kamu melamar beasiswa, apalagi ke luar negeri. Jumlah kata yang harus dituliskan dalam essay biasanya sekira 500 sampai seribu kata.

Seperti dinukil dari laman Beasiswa Pascasarjana, ada beberapa penyebutan dalam essay ini di antaranya motivation letter, statement of purpose, personal statement, sampai letter of interest. Namun pada dasarnya mereka memiliki kesamaan yakni menceritakan tentang profil kamu, minat, dan goals yang ingin dituju.

Untuk menghasilkan essay yang bisa membawamu lolos pada tahap beasiswa, ada beberapa tips yang bisa coba. Apa saja?

Ketahui Sponsor

Sebelum kamu menuliskan essay, ada baiknya kamu mencari tahu lebih dulu mengenai apa yang diinginkan oleh pihak sponsor. Sehingga beasiswa yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dimiliki oleh kamu.

Unik

Tulislah essay dengan unik dan berbeda. Jangan melakukan copy-paste, karena hal ini akan membuat kamu terlihat tidak serius. Kamu bisa mulai menceritakan tentang latar belakang dan alasan tertarik pada beasiswa tersebut.

Menciptakan Kedekatan

Kamu juga perlu untuk menciptakan kedekatan dengan komite beasiswa. Misalnya jika beasiswa tersebut menuntut kandidat memiliki pengalaman kerja, kamu bisa tuliskan tentang pengalaman kerjamu.

Percaya Diri

Saat menulis essay, kamu juga harus bisa percaya diri. Sehingga apa yang kamu tuliskan tidak melebih-lebihkan. Hal ini akan lebih menyakinkan komite beasiswa, tuliskan essay dengan mantap, antusias, serta yakin.

Punya Target

Dalam essay yang kamu tulis, masukkan juga apa rencanamu berikutnya setelah meraih beasiswa ini. Buatlah target yang sesuai dengan visi-misi mereka.

Koreksi Essay

Inilah hal terakhir yang bisa kamu lakukan setelah menulis essay yakni melakukan koreksi. Hal ini penting agar kamu bisa mengevaluasi apa yang telah dituliskan dan diperbaiki. (afr)

 

sumber: okezone.com


Share Berita


Komentari Berita