Tantangan Besaar P.T Menghadapi era Revolusi Industri 4.0


Selasa, 2019-11-19 - 03:54:26 WIB

Apa yang terjadi saat era Revolusi Industri 4.0 pada Perguruan Tinggi? Sudah Siapkah..??

perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap karakteristik pekerjaan yang ada saat ini, di mana ketrampilan dan kompetensi menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan.

Karena di era revolusi industri 4.0 integrasi pemanfaatan teknologi serta internet yang begitu canggih dan masif juga sangat mempengaruhi adanya perubahan perilaku dunia usaha dan dunia industri, perilaku masyarakat dan konsumen pada umumnya.

Karakteristik di era revolusi industri tersebut meliputi digitalisasi, optimation dan cutomization produksi, otomasi dan adaptasi, interaksi antara manusia dengan mesin, value added services and business, automatic data exchange and communication, serta penggunaan teknologi informasi.

Pendidikan Tinggi wajib merumuskan kebijakan strategis dalam berbagai aspek mulai dari kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, dan risbang hingga inovasi.

Salah satu langkah utama yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi adalah memperbaiki pengelolaan data kampus dan Informasi yang harus tersampaikan dengan baik untuk kalangan pendidik maupun yang dididik. Dengan adanya Sistem Informasi yang handal akan meningkatkan daya saing terhadap kompetitor dan daya tarik bagi calon mahasiswa.

Untuk kemajuan I.T dan Sistem informasi setiap Perguruan Tinggi diharuskan memiliki intelektualisasi dalam aplikasi terintegrasi dan berkesinambungan dalam maintenance dan penerapannya. Aplikasi terdata terapan (Smart Campus), antara lain:

1. SPMB

SPMB adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang terpadu mulai dari pendaftaran, validasi data pendaftar, pembuatan absen peserta ujian, informasi kelulusan mahasiswa baru, pembuatan NIM dan pembagian kelas kuliah. Data mahasiswa baru ini langsung dapat diintegrasikan kedalam SIMAK.

2. SIMAK/SIA/SIAKAD  

Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yang dibangun untuk mengelola data-data akademik sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online.

Fitur-fitur yang ditawarkan dalam SIMAK adalah :  Integrasi data kampus, pusat informasi kampus, alat rekam kegiatan kampus, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, perwalian, pengelolaan data dosen & mahasiswa, dan media komunikasi pengguna.

SIMAK dapat diakses oleh : mahasiswa, dosen, staf BAK, staf keuangan, hingga pimpinan atau manajemen.

3. FEEDER DIKTI

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data Mahasiswa dan data Perkuliahan masing-masing Perguruan Tinggi. Sistem aplikasi online report (Forlap).

4. DIGITAL LIBRARY

Sistem Perpustakaan adalah sistem yang dibangun untuk mengelola data-data dan transaksi perpustakaan sehingga memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi. Data DIGILIB terintegrasi dengan SIMAK untuk data Dosen, Mahasiswa dan data Tugas Akhir.

Fitur yang dtawarkan dalam DIGILIB adalah : Katalog Buku Online (OPAC), integrasi data perpustakaan, pusat informasi perpustakaan, alat rekam kegiatan perpustakaan, media komunikasi di perpustakaan.

DIGILIB dapat diakses penuh oleh mahasiswa dan dosen dan diakses terbatas oleh pihak luar kampus

5. SISTEM SARPRAS

Sistem sarpras adalah sistem manajemen asset yang ada di dalam kampus. Fitur yang ditawarkan adalah : perencanaan asset, pendataan dan integrasi data asset di semua unit, transaksi peminjaman asset, pemeliharaan asset, penghapusan asset dan laporan asset untuk pimpinan

6. SISTEM KEUANGAN

Sistem informasi keuangan membantu proses pengelolaan keuangan yang merupakan hal yang sangat vital bagi perguruan tinggi. Sangat rawan jika pengelolaan keuangan hanya dikelola dengan excel. Data yang tidak saling terintegrasi memperbesar kemungkinan adanya selisih antar data.

Fitur yang ditawarkan dalam Sistem Keuangan adalah : pencatatan transaksi, arus kas, laporan neraca, laporan jurnal, laporan executive.

7. HOST TO HOST

Host to Host atau sering dikenal H2H adalah “sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung“.

Sistem ini berfungsi untuk pembayaran dimana mahasiswa dapat langsung membayar biaya pendidikan secara online via ATM atau channel pembayaran lainnya dan kampus akan langsung mendapatkan notifikasi pembayaran dari pihak bank.

8. CAT (Computer Assisted Test)

CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar dalam penerimaan mahasiswa baru.

Kelebihan Penggunaan CAT :

  1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.
  3. Mewujudkan transparansi, objektifitas, akuntabel, dan bebas KKN

Berbagai tantangan sudah hadir di depan mata, sudah siap kah Perguruan Tinggi menyiapkan generasi penerus bangsa di era Revolusi Industri 4.0 dan persaingan global?

Wallahua''lam...

 

reff: sevima, smartcampus


Share Berita


Komentari Berita